Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Hukum dalam Kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Pengasih.

Kusuma, Anindya and Sunarso, Sunarso (2019) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Hukum dalam Kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Pengasih. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan materi, media pembelajaran, metode pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Hukum dalam Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di SMK Negeri 2 Pengasih. Subjek penelitian ditentukan dengan cara purposive meliputi satu orang Guru PPKn kelas XII dan delapan Peserta Didik kelas XII SMK Negeri 2 Pengasih dari kompetensi keahlian yang berbeda. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan dan keabsahan data menggunakan teknik cross check data. Analisis data mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, melalui proses pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) materi PPKn sebagai pendidikan hukum sudah sesuai dan memadai pada kompetensi dasar menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara; (2) media pembelajaran yang digunakan oleh guru PPKn antara lain media video pembelajaran dan media Internet, meskipun lebih didominasi dengan pemanfaatan media Internet sebagai media pembelajaran PPKn pada pembelajaran di setiap kelasnya; (3) metode pembelajaran yang digunakan oleh guru masih dengan metode ceramah dan diskusi kelompok; 4) evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru PPKn meliputi penilaian dari aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, K13, media, metode, PPKn, pendidikan hukum
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Jan 2020 03:32
Last Modified: 23 Jan 2020 03:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67202

Actions (login required)

View Item View Item