Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Ditinjau dari Jenis Kelamin Pada Mata Pelajaran IPS di SMP N Sleman Yogyakarta

Indamala, Ana Alia and Wulandari, Taat (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Ditinjau dari Jenis Kelamin Pada Mata Pelajaran IPS di SMP N Sleman Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) Pengaruh pada model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran IPS terhadap keterampilan sosial yang ditinjau dari jenis kelamin. (2) Pengaruh pada model pembelajaran PJBL dalam pembelajaran IPS terhadap keterampilan sosial yang ditinjau dari jenis kelamin; (3) Perbandingan model pembelajaran inkuiri dan PJBL dalam pembelajaran IPS secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap keterampilan sosial yang ditinjau dari jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen semu (quasi experimental) dengan pendekatan faktorial 2x2. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, yakni: (1) SMP N 1 Sleman Yogyakarta, (2) SMP N 2 Sleman Yogyakarta, (3) SMP N 3 Sleman Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berupa Pretest, Posttest, dan angket. Validitas data ditentukan atas pertimbangan dosen pembimbing dan validator. Reliabilitas instrumen menggunakan realibilitas internal dengan rumus alpha cronbach. Analisis data menggunakan Analysisis of Variance (ANOVA) dengan taraf signifikansi 0,05 uji tersebut diolah menggunakan program software SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) adanya pengaruh signifikan pada penerapan model inkuiri dalam pembelajaran IPS terhadap keterampilan sosial peserta didik. Jika dilihat dari jenis kelamin hasilnya kelompok perempuan lebih dominan berpengaruh dibandingkan kelompok laki-laki dikarenakan kelompok belajar perempuan lebih kondusif; 2) adanya pengaruh signifikan pada penerapan model pembelajaran PJBL dalam pembelajaran IPS terhadap keterampilan sosial peserta didik. Jika dilihat dari jenis kelamin hasilnya kelompok perempuan lebih unggul dibandingkan kelompok laki-laki dikarenakan kelompok laki-laki kurang fokus dan malas mengerjakan tugas; 3) Adanya pengaruh signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri dan PJBL dalam pembelajaran IPS terhadap keterampilan sosial peserta didik. Hasilnya dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran inkuiri dan PJBL dapat mempengaruhi yang signifikan terhadap keterampilan sosial peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri, Project Based Learning, Keterampilan Sosial
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Jan 2020 02:51
Last Modified: 23 Jan 2020 02:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67197

Actions (login required)

View Item View Item