AKUISISI DATA SINYAL FREKUENSI TINGGI BERBASIS ARDUINO UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH PRAKTIK ANTENA DAN PROPAGASI GELOMBANG

Bayu N., Nikko Aji (2020) AKUISISI DATA SINYAL FREKUENSI TINGGI BERBASIS ARDUINO UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH PRAKTIK ANTENA DAN PROPAGASI GELOMBANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Dapat merancang bangun media pembelajaran akuisisi data sinyal frekuensi tinggi berbasis Arduino. (2) Dapat membuat media pembelajaran akuisisi data sinyal frekuensi tinggi berbasis Arduino. (3) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran akuisisi data sinyal frekuensi tinggi berbasis Arduino untuk digunakan dalam proses perkuliahan Praktik Antena dan Propagasi Gelombang. Penelitian ini menggunakan model penelitian Research and Development dengan metode pengembangan ADDIE oleh Robert Maribe Branch. Tahapan penelitian dalam metode ADDIE yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Tahapan awal pada penelitian ini adalah menganalisis dengan mengidentifikasi permasalahan dan kebutuhan pengembangan produk dan mendesain media pembelajaran mikrokontroler dan modul pembelajarannya. Setelah mengembangkan media pembelajaran yaitu Media Pembelajaran Antenna Pattern Radiation beserta modul praktikumnya, perlu dilakukan pengujian oleh ahli materi, ahli media, dan pengguna. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan Media Pembelajaran Antenna Pattern Radiation beserta modul praktikumnya. Hasil pengujian mendapatkan skor persentase 95% dari ahli materi, 85,4% dari ahli media, dan 80,65% dari mahasiswa/pengguna. Hasil penilaian Ahli Materi, Ahli Media dan Pengguna tersebut dapat menunjukkan bahwa media pembelajaran Antenna Pattern Radiation termasuk dalam kategori sangat layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Antena dan Propagasi Gelombang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Antenna, AD8307, ADDIE, Pola Radiasi, Antena dan Propagasi Gelombang
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:42
Last Modified: 22 Jan 2020 04:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67193

Actions (login required)

View Item View Item