Efektivitas Penggunaan LKPD Melalui Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains pada Materi Ekosistem Kelas X IPA SMA.

Wiharsri, Wiharsri and Suryadarma, IGP (2019) Efektivitas Penggunaan LKPD Melalui Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains pada Materi Ekosistem Kelas X IPA SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan model guided inquiry disertai LKPD terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi ekosistem, dan (2) keefektifan model guided inquiry disertai LKPD terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain pretest- posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh sisawa SMA Negeri 1 Temon sebagai populasi hipotetiknya. Sampel penelitian adalah 61 yang terbagi pada kelas eksperimen terdiri dari 29 peserta didik dan kelas kontrol terdiri dari 32 peserta didik, pengumpulan data pemahaman konsep menggunakan tes pilihan ganda, sedangkan pengumpulan data keterampilan proses sains menggunakan tes uraian. Validasi instrumen pemahaman konsep dan keterampilan proses sains meliputi validasi isi dan kontruks yang melibatkan penilaian dari seorang ahli materi dan seorang ahli model, dengan uji hipotesisnya menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran guided inquiry efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi ekosistem kelas X di SMA Negeri 1 Temon dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 50,79 (pretest) dan 78,59 (posttest), sedangkan pada kelas kontrol sebesar 51,06 (pretest) dan 64,97 (posttest) dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05; (2) model pembelajaran guided inquiry efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi ekosistem kelas X di SMA Negeri 1 Temon dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 34,66 (pretest) dan 84,48 (posttest), sedangkan pada kelas kontrol adalah 36,44 (pretest) dan 77,63 (posttest) dengan nilai signifikansi 0.002 < 0.05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model guided inquiry, lkpd, pemahaman konsep, keterampilan proses sains.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jan 2020 03:16
Last Modified: 06 Mar 2023 04:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67190

Actions (login required)

View Item View Item