Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobeflash dengan Kombinasi SAVI dan CPS untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kreativitas pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Purworejo.

Sagita, Shintya Galuh Nindy and Aminatun, Tien (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobeflash dengan Kombinasi SAVI dan CPS untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kreativitas pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Purworejo. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas media pembelajaran berbasis Adobeflash dengan kombinasi SAVI dan CPS untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kreativitas pada Materi Perubahan Lingkungan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program MIPA di SMA Negeri 7 Purworejo. Subjek dipilih menggunakan metode Purposive Sampling untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE namun hanya sampai tahap implementasi. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian kelayakan oleh para ahli, angket respon peserta didik, soal pilihan ganda (pretest dan posttest), lembar observasi dan lembar kerja peserta didik. Penilaian efektivitas media dilakukan dengan analisis normalized gain score, independent t- test, dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Biologi dengan kombinasi CPS dan SAVI layak dan efektif untuk digunakan berdasarkan: (1) hasil penilaian kelayakan media pembelajaran oleh para ahli dan peer reviewer yang menunjukan rata-rata persentase lebih dari 75 yang berarti media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan; (2) respon pengguna (peserta didik) terhadap usability atau kepraktisan menunjukkan rata-rata persentase sebesar 85,5 yang berarti media pembelajaran sangat layak digunakan; (3) efektivitas media pembelajaran menunjukkan bahwa hasil Normalized Gain dari kelas eksperimen 1 adalah 0,52 termasuk dalam kategori sedang untuk peningkatan kemampuan siswa dan kelas eksperimen 2 adalah 0,63 yang termasuk dalam kategori sedang untuk peningkatkan kemampuan siswa; (4) hasil analisis independent t-test adalah p-value 0,00 <0,05 dan hasil Manova adalah p-value 0,00 <0,05 yang berarti adanya perbedaan signifikan dalam penggunaan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, CPS, SAVI, Pemahaman, Kreativitas
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:56
Last Modified: 22 Jan 2020 02:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67189

Actions (login required)

View Item View Item