Keefektifan Model Discovery Learning disertai Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA Pada Materi Sistem Ekskresi.

Nurhasanah, Nurhasanah and Djukri, Djukri (2019) Keefektifan Model Discovery Learning disertai Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA Pada Materi Sistem Ekskresi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan Model Discovery Learning disertai Brainstorming terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik SMA pada materi sistem ekskresi, (2) mengetahui keefektifan Model Discovery Learning disertai Brainstorming terhadap sikap ilmiah peserta didik SMA pada materi sistem ekskresi (3) mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik SMA pada materi sistem ekskresi. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment yang menggunakan desain non- equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Banguntapan, yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian ditentukan berdasarkan teksnik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi soal tes uraian untuk kemampuan berpikir kritis dan angket kuesioner untuk sikap ilmiah. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji independent t-test, Mann-Withney test, dan korelasi Spearman's rho. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa: (1) penggunaan model Discovery Learning disertai Brainstorming efektif terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik SMA pada materi sistem ekskresi (2) penggunaan model Discovery Learning disertai Brainstorming efektif terhadap sikap ilmiah peserta didik SMA pada materi sistem ekskresi (3) ada hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik SMA pada materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Brainstorming, Kemampuan Berpikir Kritis, Sikap Ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:30
Last Modified: 03 Mar 2023 03:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67188

Actions (login required)

View Item View Item