PENGARUH LATIHAN TWO HANDED REBOUNDING DRILL DAN BOX OUT DRILL TERHADAP KEMAMPUAN REBOUND BOLA BASKET TIM EKSTRAKURIKULER SMK N 5 YOGYAKARTA

Zarkasyi, Obeid Anom (2019) PENGARUH LATIHAN TWO HANDED REBOUNDING DRILL DAN BOX OUT DRILL TERHADAP KEMAMPUAN REBOUND BOLA BASKET TIM EKSTRAKURIKULER SMK N 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi_obeid anom zarkasyi_14602241081.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan Two handed rebounding drill dan box out drill terhadap kemampuan rebound tim ekstrakurikuler bola basket SMK N 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain “two group pre test dan post test design” yaitu membagi menjadi dua kelompok dengan ordinal pairing. Kelompok A dengan perlakuan latihan two handed rebounding drill dan kelompok B dengan perlakuan latihan box out drill. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain tim ekstrakurikuler bola basket SMK N 5 Yogyakarta sebanyak 16 pemain. Instrumen yang digunakan adalah pengambilan data rebound menggunakan FIBA livestasts pada pertandingan. Analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis menunjukkan : (1) Tidak ada pengaruh latihan Two handed rebounding drill kemampuan rebound tim ekstrakurikuler bola basket SMK N 5 Yogyakarta, dengan t hitung dengan nilai -1.246 dan tarap signifikansi sebesar 0.197, nilai tabel untuk df=7 adalah 2.36 karena – thitung < ttabel dan dari taraf signifikansi yang nilainya 0.05 dengan rata – rata pretest 2.00 dan rata – rata posttest 2.75 dengan selisih rata – rata sebesar 0.75. (2) Tidak ada pengaruh latihan Box out drill kemampuan rebound tim ekstrakurikuler bola basket SMK N 5 Yogyakarta, dengan thitung dengan nilai -2.118 dan tarap signifikansi sebesar 0.072, nilai tabel untuk df=7 adalah 2.36 karena – thitung < ttabel dan dari taraf signifikansi yang nilainya 0.05 dengan rata – rata pretest 2.13 dan rata – rata posttest 3.38 dengan selisih rata – rata sebesar 1.25. (3) latihan Two handed rebounding drill dan Box out drill tidak terbukti secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan rebound tim ekstrakurikuler bola basket SMK N 5 Yogyakarta, jadi tidak dapat dibandingkan mana yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: two handed rebounding drill, box out drill, rebound, tim ekstrakurikuler bola basket SMK N 5 Yogyakarta.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Jan 2020 07:50
Last Modified: 20 Jan 2020 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67176

Actions (login required)

View Item View Item