TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII TERHADAP MATERI BELADIRI PENCAK SILAT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DI SMP NEGERI 1 SEWON KABUPATEN BANTUL

Anjarwati, Rohma (2020) TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII TERHADAP MATERI BELADIRI PENCAK SILAT PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DI SMP NEGERI 1 SEWON KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi_rohma anjarwati_16601241007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas VIII terhadap materi beladiri pencak silat pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMP Negeri 1 Sewon Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sewon Kabupaten Bantul yang berjumlah 224 siswa. Pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Hasil dari uji coba validitas instrumen menunjukan 32 butir soal dinyatakan valid dan 3 butir soal dinyatakan gugur. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach’s sebesar 0,788. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa kelas VIII terhadap materi beladiri pencak silat pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMP Negeri 1 Sewon Kabupaten Bantul dengan kategori “sangat rendah” sebesar 0% (0 siswa), “rendah” sebesar 58,10% (25 siswa), “tinggi” sebesar 41,90% (18 siswa), dan “sangat tinggi” sebesar 0% (0 siswa).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemahaman, siswa kelas VIII, beladiri
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Jan 2020 07:27
Last Modified: 20 Jan 2020 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67172

Actions (login required)

View Item View Item