Keefektifan Pendekatan Saintifik dengan Metode Pembelajaran Student-Created Case Studies terhadap Keterampilan Proses Sains dan Attitude Toward Science Siswa SMA Kelas X pada Materi Kingdom Plantae.

Wafi, Moh.Najih and Wuryadi, Wuryadi (2019) Keefektifan Pendekatan Saintifik dengan Metode Pembelajaran Student-Created Case Studies terhadap Keterampilan Proses Sains dan Attitude Toward Science Siswa SMA Kelas X pada Materi Kingdom Plantae. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya penguasaan keterampilan proses sains pada siswa jenjang SMA Negeri di kabupaten Sleman (terlebih pada daerah sub-urban) menjadi perhatian tersendiri bagi para praktisi pendidikan. Penguasaan keterampilan proses sains yang rendah, akan membuat attitude toward science siswa rendah. Hal ini membuat para praktisi pendidikan mencari alternatif untuk memberdayakan keterampilan tersebut. Salah satu alternatif yang dipilih oleh peneliti yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran student created case studies. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran student created case studies terhadap keterampilan proses sains dan attitude toward science siswa pada materi kingdom plantae dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang termasuk pada rancangan quasi-experiment (rancangan semu) dengan desain pre-test and pos-test control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Kalasan, kemudian sampel penelitian dipilih melalui metode simple random sampling. Subyek penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh melalui instrumen tes dan instrumen non tes. Teknik analisis data menggunakan uji independent t-test dengan taraf signifikasi 5%, kemudian dilakukan uji N-gain untuk mengetahui signifikansi peningkatan pree test dan post test. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varian. Hasil analisis data dari uji independent t-test, memperoleh nilai sig. (2- tailed) < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Dengan demikian bisa diambil kesimpulan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dengan metode pembelajaran student created case studies efektif terhadap keterampilan proses sains dan attitude toward science siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Attitude toward science, keterampilan proses sains, metode pembelajaran student created case studies, kingdom plantae, dan pendekatan saintifik.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:54
Last Modified: 06 Mar 2023 03:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67162

Actions (login required)

View Item View Item