ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN BERGANDA PENILAIAN AKHIR SMESTER GASAL PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Timur, Aprillianda Adhi (2019) ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN BERGANDA PENILAIAN AKHIR SMESTER GASAL PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Analisis butir soal merupakan upaya yang dilakukan untuk mengetahui kualitas butir soal agar soal yang digunakan dalam melaksanakan suatu tes benar- benar mampu mengukur kemampuan siswa dengan tepat sesuai tujuan yang ingin dicapai. Soal pilihan berganda Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Muhammadiyah 1 Sleman tahun ajaran 2018/2019 belum dianalisis, sehingga dibutuhkan analisis butir soal untuk mengetahui kualitas dan kelayakanya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi yaitu untuk memperoleh data soal ujian ,kunci jawaban dan lembar jawaban seluruh peserta ujian, dengan jumlah subjek dari penelitian adalah 29 peserta tes. Kemudian untuk proses analisis butir soal dilakukan dengan menggunakan program excel, dimana soal tersebut akan dianalisis dari segi tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh yang kemudian akan diketahui kualitas butir soalnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis butir soal yang meliputi tingkat kesukaran, tingkat daya beda dan daya pengecoh pada soal ujian pilihan ganda mata pelajaran Pendidikan Jasmano Olahraga dan Kesehatan kelas VII Di SMP Muhammadiyah 1 Sleman. tahun ajaran 2018/2019 maka dapat disimpulkan bahwa dari total soal 40 soal 1)Tingkat kesukaran terdapat 6 item atau 15% soal sukar, 28 item atau 70% soal sedang dan 6 item atau 15% soal mudah. 2)Sitinjau dari daya pembedanya terdapat tingkat daya beda baik sebanyak 0 soal atau 0%, tingkat daya beda cukup sebanyak 4 soal atau 10% dan tingkat daya beda jelek sebanyak 36 soal atau 90%. 3)Sedangkan pada tingkat daya pengecoh terdapat fungsi pengecoh jawaban berfungsi dengan baik sebanyak 133 item jawaban atau 83,125% dan fungsi kurag baik sebanyak 27 soal atau 16,875%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: analisis butir soal, penilaian akhir semester
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:46
Last Modified: 20 Jan 2020 03:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67161

Actions (login required)

View Item View Item