Analisis Kemampuan PCK Guru Biologi SMAN di Kabupaten Lebak Banten Ditinjau dari latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman Mengajar.

Rahayu, Maya and Suyanto, Slamet (2019) Analisis Kemampuan PCK Guru Biologi SMAN di Kabupaten Lebak Banten Ditinjau dari latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman Mengajar. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kemampuan PCK guru biologi SMAN yang ada di Kabupaten Lebak Banten berdasarkan latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar. Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru biologi di SMAN di wilayah Lebak- banten. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proporsional random sampling sehingga diperoleh 18 responden dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan CK guru non pendidikan lebih baik dibandingkan guru berlatar belakang pendidikan, sedangkan untuk kemampuan PK dan PCK guru pendidikan memiliki kategori lebih baik dibandingkan guru non pendidikan berdasarkan instrumen tes. Berdasarkan observas keterlaksanaan pembelajaran guru berlatar belakang pendidikan biologi memiliki kemampuan yang lebih baik. Berdasarkan pengalaman mengajar, kemampuan CK guru ≤5 tahun lebih baik dibandingkan guru dengan pengalaman mengajar >5tahun, akan tetapi PK dan PCK guru >5 tahun lebih baik dibandingkan guru ≤5 tahun. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa adanya hubungan antara latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar terhadap kemampuan PCK guru berdasarkan tes. Akan tetapi, untuk penerapan PCK dalam proses pembelajaran tidak ada hubungannya dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pedagogical Content Knowledge (PCK), Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman Mengajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:18
Last Modified: 06 Mar 2023 02:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67158

Actions (login required)

View Item View Item