PENGARUH MASASE FRIRAGE DAN TERAPI PANAS TERHADAP DERAJAT NYERI DAN FUNGSI PASCA CEDERA SENDI ANKLE DI PERSATUAN SEPAKBOLA SINAR MATARAM YOGYAKARTA

Siringoringo, Ebson Sulaiman (2020) PENGARUH MASASE FRIRAGE DAN TERAPI PANAS TERHADAP DERAJAT NYERI DAN FUNGSI PASCA CEDERA SENDI ANKLE DI PERSATUAN SEPAKBOLA SINAR MATARAM YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi_ebson sulaiman siringoringo_15603141003.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sepakbola adalah cabang olahraga yang kemungkinan terjadinya body contact sangat besar dan memungkinkan terjadi cedera baik saat latihan ataupun pertandingan resmi, sehingga membutuhkan kondisi fisik yang baik. Cedera sendi ankle merupakan cedera yang sering terjadi pada cabang olahraga ini. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh masase frirage dan terapi panas terhadap derajat nyeri pasca cedera sendi ankle , dan (2) mengetahui pengaruh masase frirage dan terapi panasterhadap fungsi pasca cedera sendi ankle. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain sepakbola di PS. Sinar MataramYogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi serta menggunakan insidental sampling dengan rumus Slovin (nilai kritis 20%) sehingga diperoleh sampel sebanyak minimal 15 orang dan yang digunakan pada penelitian ini adalah 20 orang. Data yang dikumpulkan adalah: (1) derajat nyeri sendi ankle yang diukur dengan instrumen skala derajat nyeri sendi ankle, dan (2) fungsi gerak sendi ankleyang diukur dengan instrumen Lower Extremity Functional Scale. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) masase frirage dan terapi panas dapat mengurangi derajat nyeri sendi anklesecara signifikan (α = 0,00) dengan efektivitas sebesar 84,58%, dan (2) masase frirage dan terapi panas dapat meningkatkan fungsi gerak sendi anklesecara signifikan (α= 0,00) dengan efektivitas sebesar 30,56%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: masase frirage, terapi panas, cedera ankle.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:19
Last Modified: 17 Jan 2020 04:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67154

Actions (login required)

View Item View Item