RELEVANSI KURIKULUM CAD SMK BIDANG KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DENGAN KEBUTUHAN DUNIA USAHA DAN INDUSTRI

Bagyo, Realto (2019) RELEVANSI KURIKULUM CAD SMK BIDANG KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DENGAN KEBUTUHAN DUNIA USAHA DAN INDUSTRI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMANJUDUL-DAFTARLAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui relevansi kurikulum CAD SMK bidang keahlian teknik pemesinan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh Dunia Usaha dan Industri di Daerah Istimewa Yogyakarta (2) mengetahui seberapa besar tingkat relevansi antara kurikulum CAD SMK bidang keahlian teknik pemesinan dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Industri di Daerah Istimewa Yogyakarta dan (3) mengetahui kompetensi yang dibutuhkan di industri namun belum terdapat dalam kurikulum 2013 teknik pemesinan SMK. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah industri di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 10 industri. Sampel yang diambil berjumlah 30 responden dengan menggunakan metode Purposive Sampling pada 3 industri. Perhitungan Jumlah sampel menggunakan nomogram Harry King dengan tingkat kesalahan 10% atau tingkat kepercayaan 90%. Instrumen penelitian berupa angket dengan empat pilihan jawaban bergradasi. Validasi instrumen angket penelitian melalui teknik Expert Judgment. Pengujian reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach yang dihitung menggunakan program komputer IBM SPSS Statistics 25 menunjukkan hasil r hitung sebesar 0,835 sedangkan r tabel 0,811 maka instrumen dinyatakan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan persentase dengan kategori penilaian relevan (76-100%), cukup relevan (56-75%), kurang relevan (40-55%), dan tidak relevan (<40%). Hasil penelitian menunjukkan kompetensi CAD dalam Kurikulum 2013 SMK relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri. Besar tingkat relevansi kurikulum CAD SMK dengan kebutuhan industri sebesar 81,67% atau termasuk dalam kategori relevan. Seluruh kompetensi CAD dalam Kurikulum 2013 SMK dibutuhkan oleh industri, namun terdapat beberapa kompetensi yang perlu ditambahkan yaitu Membuat gambar 3D sheet metal, membuat pattern 3D, Membuat gambar 2D sheet metal, memahami proses gambar untuk CNC, dapat mengimport file ke dalam program MasterCAM, Menetapkan ketebalan plat, dan Penggunaan fungsi bending dan roll.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Relevansi, Kompetensi, CAD, Industri
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 Jan 2020 02:49
Last Modified: 17 Jan 2020 02:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67152

Actions (login required)

View Item View Item