PERSEPSI PESERTA DIDIK YANG KURANG BERHASIL TERHADAP KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI (MERODA) KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 SEWON BANTUL YOGYAKARTA

Ramadhani, Andrivitra (2019) PERSEPSI PESERTA DIDIK YANG KURANG BERHASIL TERHADAP KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI (MERODA) KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 SEWON BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANDRIVITRA RAMADHANI PJKR 2015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Persepsi Peserta didik yang kurang berhasil terhadap keterlaksanaan pembelajaran senam lantai (meroda) kelas VIII di SMP Negeri 3 Sewon Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Sewon Bantul Yogyakarta. Subjek dan sumber data penelitian ini adalah 15 Peserta didik yang kurang berhasil terhadap keterlaksanaan pembelajaran senam lantai (meroda) kelas VIII SMP Negeri 3 Sewon Bantul Yogyakarta . Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Teknik analisis data Miles dan Huberman meliputi : pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Peserta didik yang kurang berhasil terhadap keterlaksanaan pembelajaran senam lantai (meroda) kelas VIII di SMP Negeri 3 Sewon Bantul Yogyakarta, yaitu ada beberapa peserta didik yang nilainya masih dibawah KKM, hal ini mengakibatkan kurang berhasilnya pembelajaran senam lantai (meroda). Persepsi berdasarkan (1) faktor internal: berat badan berlebih, tangan sakit saat melakukan gerakan meroda, peserta didik kurang tertarik mengikuti pembelajaran senam lantai (meroda) dan peserta didik merasa takut cedera saat melakukan gerakan meroda.(2) Faktor eksternal : peserta didik kurang mampu menangkap penjelasan yang diberikan oleh guru, peserta didik mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran senam lantai (meroda), Guru hanya mencontohkan sekilas gerakan meroda. Sarana dan prasarana pembelajaran senam lantai masih kurang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, peserta didik, kurang berhasil, pembelajaran, senam lantai (meroda).
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:18
Last Modified: 16 Jan 2020 04:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67145

Actions (login required)

View Item View Item