PERBANDINGAN DUMBELL TRAINING DAN TOTAL BODY RESISTANCE TERHADAP DAYA TAHAN OTOT TUNGKAI DAN OTOT LENGAN ATLET LARI JARAK MENENGAH UKM ATLETIK UNY

Sugustian, Sugustian (2019) PERBANDINGAN DUMBELL TRAINING DAN TOTAL BODY RESISTANCE TERHADAP DAYA TAHAN OTOT TUNGKAI DAN OTOT LENGAN ATLET LARI JARAK MENENGAH UKM ATLETIK UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi_sugustian_15602244007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh latihan dumbell dan total body resistance excercise serta mengetahui tingkat keefektifan dari kedua metode saat digunakan untuk latihan daya tahan otot lari jarak menengah. Penelitian ini merupakan eksperimen semu, dengan membagi menjadi dua kelompok dengan ordinal pairing, yaitu kelompok eksperimen A dengan perlakuan dumbell training, dan kelompok eksperimen B dengan perlakuan total body resistance excercise. subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti UKM Atletik UNY. Sampel yang diambil dari hasil purposive sampling berjumlah 20 mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelompok sampel. Instrumen yang digunakan adalah press up test dan walk squat test. Analisis data menggunakan uji T independent. Hasil pengujian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada kelompok dumbell training, dengan t hitung = 8.500 > t tabel = 2.26216 dan nilai signifikansi p = 0.000 < 0.05, kenaikan presentasi wall squat test sebesar 6,59% dan press up test sebesar 6.07%. Ada perbedaan yang signifikan pada kelompok eksperimen total body resistance excercise, dengan t hitung = 7.660> t tabel = 2.776 dan nilai signifikansi p = 0.000 < 0.05, kenaikan presntase walk squat test sebesar 4,28 %. dan press up test sebesar 6,02%. Latihan dumbell training lebih efektif dengan uji t independent atau tidak perpasangan untuk meningkatkan daya tahan otot lengan dan otot tungkai pelari jarak menengah UKM Atletik UNY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Dumbell training, Total body resistance excercise, Daya tahan otot, Jarak menengah
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:00
Last Modified: 16 Jan 2020 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67143

Actions (login required)

View Item View Item