MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTROKARDIOGRAFI PADA MATA KULIAH PRAKTIK ELEKTRONIKA MEDIS JPTEI FT UNY

Hadinata, Alan (2020) MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTROKARDIOGRAFI PADA MATA KULIAH PRAKTIK ELEKTRONIKA MEDIS JPTEI FT UNY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
1 Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Abstrak.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text
3 BAB I.pdf

Download (104kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf

Download (242kB)
[img] Text
5 BAB III.pdf

Download (262kB)
[img] Text
6 BAB IV.pdf

Download (763kB)
[img]
Preview
Text
7 BAB V.pdf

Download (39kB) | Preview
[img] Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] Text
9 LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan elektronika di bidang medis saat ini berkembang pesat. Kurikulum elektronika FT UNY telah mengadopsi mata kuliah instrumentasi dan elektronika medis menjadi salah satu mata kuliah yang diajarkan, akan tetapi sampai dengan saat ini media pembelajaran yang digunakan belumlah maksimal. Penelitian ini bertujuan rancang bangun, mengetahui unjuk kerja, dan mengetahui tingkat kelayakan Media Pembelajaran Elektrokardiografi pada Mata Kuliah Praktik Elektronika Medis di Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika UNY. Metode penelitan yang digunakan adalah prosedur pengembangan ADDIE oleh robert Maribe Branch. Tahapan penelitian yang dilakukan yaitu analisa, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Langkah pertama yang dilakukan adalah menganalisa kebutuhan media pembelajaran lalu membuat desain media pembelajaran. Setelah membuat desain lalu mengimplementasikannya maka selanjutnya dilakukan pengujian oleh ahli materi, ahli media dan pengguna. Pengujian oleh pengguna ditujukan kepada mahasiswa program studi pendidikan teknik elektronika semester 5. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dengan deskriptif dan kualitatif. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran elektrokardiografi yang terdiri dari rangkaian penguat instrumentasi, penguat operasional, bandpass filter, clamper dan arduino. Unjuk kerja media pembelajaran telah bekerja dengan baik dan menghasilkan validitas sebesar 94.67%, persentase kelayakan materi oleh ahli materi sebesar 78%, persentase kelayakan media oleh ahli media sebesar 82%, dan persentase kelayakan oleh pengguna sebesar 84%. Berdasarkan hasil persentase tersebut dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran elektrokardiografi termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan pada mata kuliah instrumentasi dan elektronika medis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Elektrokardiografi, Elektronika Medis, ADDIE
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jan 2020 07:54
Last Modified: 15 Jan 2020 07:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67126

Actions (login required)

View Item View Item