Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik pada Proses Pembelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Wonogiri ditinjau dari Lama Mengajar dan Status Kepegawaian Guru.

Siwi, Hefi Mardias and Wuryadi, Wuryadi (2019) Analisis Implementasi Pendekatan Saintifik pada Proses Pembelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Wonogiri ditinjau dari Lama Mengajar dan Status Kepegawaian Guru. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi kelas X SMA Negeri di Kabupaten Wonogiri ditinjau dari latar belakang lama mengajar dan status kepegawaian guru; 2) perbedaan pengimplementasian pendekatan saintifik pada proses pembelajaran biologi kelas X dilihat dari lama mengajar dan status kepegawaian guru; 3) pengaruh interaksi lama mengajar dan status kepegawaian guru terhadap implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran biologi kelas X. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode observasi. Penelitian ini dilaksanakan di 6 SMA Negeri di Kabupaten Wonogiri, mulai dari Maret hingga Mei 2019. Subjek penelitian ini adalah guru biologi kelas X dan peserta didik kelas X sebanyak 1 kelas dari masing-masing sekolah. Variabel bebas berupa lama mengajar (>15 tahun dan <15 tahun) dan status kepegawaian (PNS dan Non PNS), sedangkan variabel terikat adalah implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran biologi SMAN kelas X. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 6 guru biologi kelas X yang menggunakan model pembelajaran discovery learning. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, kuesioner, angket, dokumentasi dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, lembar kuesioner, lembar angket dan lembar dokumentasi. Instrumen kuesioner dinyatakan valid dan reliable dengan realibility of estimate sebesar 0,933. Instrumen lembar observasi dinyatakan valid dan reliable dengan value of Cohen Kappa sebesar 0,683. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan guru biologi dengan latar belakang lama mengajar (>15 tahun dan <15 tahun) dan status kepegawaian (PNS dan Non PNS) mampu dengan kategori baik mengimplementasikan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran biologi kelas X. Keterlibatan dan keaktifan peserta didik menunjukkan semua-sebagain besar telah ikut aktif selama proses pembelajaran. Tidak ada perbedaan pengimplementasian pendekatan saintifik dilihat dari lama mengajar dan status kepegawaian.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, pendekatan saintifik, lama mengajar guru, status kepegawaian guru.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Jan 2020 02:22
Last Modified: 06 Mar 2023 03:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67122

Actions (login required)

View Item View Item