Keefektifan Blended-Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Pada Materi Ekologi di SMA N 5 Yogyakarta.

Pitaloka, Elok Dyah and Suyanto, Slamet (2019) Keefektifan Blended-Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Pada Materi Ekologi di SMA N 5 Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui keefektifan blended-problem based learning terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi ekologi, (2) untuk mengetahui keefektifan blended-problem based learning terhadap pemecahan masalah peserta didik pada materi ekologi, (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan blended-problem based learning terhadap pemahaman konsep dan pemecahan masalah peserta didik pada materi ekologi, (4) untuk mengetahui hubungan antara pemahaman konsep dengan pemecahan masalah dalam penerapan blended-problem based learning pada materi ekologi. Jenis penelitian ini menggunakan quasi experiment yang menggunakan desain non equivalent. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA N 5 Yogyakarta. Kemudian, dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontol. Kelas eksperimen (X MIPA 4), yang dalam pembelajaran materi ekologi menggunakan blended-problem based learning. Kelas kontrol (X MIPA 3), yang dalam pembelajaran materi ekologi menggunakan quided inquiry. Pengumpulan data menggunakan instrumen soal pemahaman konsep dan pemecahan masalah yang telah divalidasi oleh ahli dan divalidasi secara empiris. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji independent sample t-test, uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dan uji korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan blended-problem based learning efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi ekologi di SMA N 5 Yogyakarta. (2) penerapan blended-problem based learning efektif untuk meningkatkan pemecahan masalah peserta didik pada materi ekologi di SMA N 5 Yogyakarta. (3) Penerapan blended-problem based learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan pemeecahan masalah. (4) Terdapat hubungan antara pemahaman konsep dengan pemecahan masalah dalam penerapan blended-problem based learning.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: blended-problem based learning, pemahaman konsep, pemecahan masalah.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Jan 2020 03:29
Last Modified: 06 Mar 2023 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67116

Actions (login required)

View Item View Item