SINDROM FLINSTONES DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MILENIAL

Syarif Hadi Wibowo, Tubagus Umar (2020) SINDROM FLINSTONES DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MILENIAL. In: seminar nasional dan temu alumni HMPS 2019, 12 oktober 2019, FIS UNY Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SINDROM FLINSTONES DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MILENIAL - Tubagus Umar.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Sindrom Flintstones, menurut Knight, berlaku apabila mereka melihat konteks kehidupan masyarakat zaman batu melalui sudut pandang masa kini. Akibatnya terjadi suatu kesenjangan antara ruang dan waktu, dimana peristiwa terjadi. Sindrom Flintstone kerap menerpa generasi millennial (mahasiswa dan siswa), guru bahkan sejarawan dalam membuat narasi atau melakukan eksplanasi dalam proses historiografi. Dalam membuat narasi, kekhilafan guru dan generasi millennial diantaranya menempatkan kejadian yang tidak sesuai dengan waktunya, anakronistik, dan fallacy of precentism. Upaya yang dilakukan untuk terhindar dari sindrom Flintstone, salahsatunya dengan menumbuhkan empati sejarah dalam pembelajaran di kelas sebagai suatu alat untuk memahami jiwa jaman (zeitgeist) dan ikatan budaya dalam suatu peristiwa sejarah. Kata Kunci: Sindrom Flinstones, Pembelajaran Sejarah,

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 14 Jan 2020 03:22
Last Modified: 14 Jan 2020 03:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67114

Actions (login required)

View Item View Item