PERSEPSI DUTA PARIWISATA MOJOKERTO TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH

Putra Pradana1, Rakha Bagus and Febrianti, Chusnia and Radianto, Denny Oktavina (2020) PERSEPSI DUTA PARIWISATA MOJOKERTO TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH. In: seminar nasional dan temu alumni HMPS 2019, 12 oktober 2019, FIS UNY Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PERSEPSI DUTA PARIWISATA MOJOKERTO -Rakha Bagus dkk.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Sejarah dalam artian umum berarti suatu serangkaian peristiwa yang terjadi di masa lalu yang menjadi acuan atau pandangan untuk melangkah kedepan. Sejarah merupakan elemen pendidikan yang penting dan harus diwariskan secara turun temurun dengan jujur dan apa adanya tanpa adanya rekayasa. Indonesia merupakan negara yang kaya akan sejarahnya. Dapat diketahui bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah kerajaan terbanyak dan Indonesia telah terjajah selama 350 tahun oleh Belanda dan 3,5 tahun oleh Jepang. Pendidikan di Indonesia ini adalah pendidikan yang kompleks dimana para anak-anak di Indonesia diwajibkan untuk wajib belajar selama 9 tahun terhitung sejak di bangku Sekolah Dasar. Ini merupakan kesempatan besar bagi para guru dan pengajar untuk mengajarkan pengetahuan sejarah terhadap anak-anak tersebut. Pendidikan Sejarah Indonesia telah menjadi kewajiban untuk semua anak di Indonesia, ini merupakan langkah yang bagus dan baik untuk tetap mengingat sejarah. Tetapi pada kenyataannya akhir - akhir ini pendidikan sejarah di Indonesia ini seperti disepelekan oleh generasi milenial. Adanya globalisasi dan penggunaan gawai secara terus menerus membuat milenial malas untuk membuka kembali lembaran-lembaran yang telah menjadikan negeri ini berdiri seperti ini. Hal tersebut menjadi problematika tersendiri bagi pendidikan sejarah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi duta pariwisata Mojokerto terhadap pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2019 di kota dan kabupaten Mojokerto dengan teknik pengambilan data secara wawancara terstruktur dan studi dokumen. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa persepsi responden mengenai pembelajaran sejarah melalui pariwisata sangat dianjurkan dan dapat dikembangkan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 13 Jan 2020 09:34
Last Modified: 13 Jan 2020 09:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67102

Actions (login required)

View Item View Item