EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR KESELAMATAN DAN KECELAKAAN KERJA SISWA DI SMK N 1 KALASAN

Audina, Reka (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR KESELAMATAN DAN KECELAKAAN KERJA SISWA DI SMK N 1 KALASAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen pada aspek kognitif antara yang menggunakan media video dengan yang tidak menggunakan; (2) perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen pada aspek afektif antara yang menggunakan media video dengan yang tidak menggunakan; (3) efektivitas penggunaan media video yang ditinjau dari aspek kognitif; (4) efektivitas penggunaan media video yang ditinjau dari aspek afektif Metode penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Tempat dan waktu penelitian adalah SMK N 1 Kalasan pada bulan Agustus-September 2019. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Jasa Boga sebayak 70 siswa. 35 siswa kelas X Jasa Boga A sebagai kontrol dan 35 siswa kelas X Jasa Boga B sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes dan angket. Uji validitas menggunakan expert judgement, uji reliabilitas Cronbach’s Alpha sebesar 0,839. Analisis data menggunakan Independent T-test dan uji gain. Hasil penelitian ini yaitu: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen pada aspek kognitif menggunakan media video, hal ini dibuktikan dengan nilai sig.hitung yang lebih kecil dari sig.penelitian (0,002<0,05); (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen aspek afektif menggunakan media video. hasil ini dikarenakan nilai sig.hitung lebih kecil dari nilai sig.penelitian (0,003<0,05); (3) media video lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dibandingkan dengan media konvensional. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji rata-rata gain kelas eksperimen yang lebih tinggi dari kelas kontrol (0,389>0,250); (4) media video lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar aspek afektif dibandingkan dengan media konvensional. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji rata-rata gain kelas eksperimen yang lebih tinggi dari kelas kontrol (0,576>0,469).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Video pembelajaran, Keselamatan dan Kecelakaan Kerja
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Jan 2020 06:48
Last Modified: 13 Jan 2020 06:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67091

Actions (login required)

View Item View Item