Pengembangan E-Modul Pengayaan Ekologi (Hutan Adat) Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pendidikan Biologi.

Supriyadi, Arif and Suryadarma, IGP (2019) Pengembangan E-Modul Pengayaan Ekologi (Hutan Adat) Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pendidikan Biologi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan e-modul ekologi hutan adat yang layak untuk mata kuliah pengetahuan lingkungan, (2) menghasilkan e-modul ekologi hutan adat yang efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar mahasiswa, dan (3) mengetahui korelasi antara pemahaman konsep dan kemandirian belajar. Penelitian adalah research and development dengan tahapan pengembangan ADDIE, yaitu (Analysis), (Design), (Development), (Implementation) dan (Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tanjungpura. Tes beta dengan 10 mahasiswa semester IV, kelas penelitian 25 mahasiswa kelas kontrol dan 29 mahasiswa kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian kelayakan produk, observasi kemandirian belajar dan tes pemahaman konsep. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan independent sample test dan korelasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) E-modul ekologi hutan adat layak digunakan untuk mahasiswa pendidikan biologi Untan. (2)E-modul ekologi hutan adat efektif meningkatkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar mahasiswa pendidikan biologi Untan. (3) Ada korelasi antara pemahaman konsep dan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-modul, hutan adat, kemandirian belajar, pemahaman konsep
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Jan 2020 02:18
Last Modified: 06 Mar 2023 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67089

Actions (login required)

View Item View Item