PENGARUH POLA ASUH OTORITATIF TERHADAP REGULASI EMOSI DAN KONFORMITAS KELOMPOK SEBAYA DALAM AKTIVITAS KELAS

Widyaningsih, Wenih (2020) PENGARUH POLA ASUH OTORITATIF TERHADAP REGULASI EMOSI DAN KONFORMITAS KELOMPOK SEBAYA DALAM AKTIVITAS KELAS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
15104241034_Weni Widyaningsih_Tugas Akhir Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pola asuh otoritatif terhadap regulasi emosi dan (2) pengaruh pola asuh otoritatif terhadap konformitas kelompok sebaya dalam aktivitas kelas. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Penelitian ini merupakan penelitian populasi di mana seluruh siswa kelas VIII di SMPN 3 Depok yang berjumlah 128 orang dilibatkan sebagai responden penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan skala. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgement. Uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach, diperoleh nilai koefisien alpha 0,840 pada instrumen pola asuh otoritatif, 0,841 pada instrumen regulasi emosi, dan 0,822 pada konformitas kelompok sebaya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh otoritatif terhadap regulasi emosi dengan nilai sig. sebesar 0,000 dan sumbangan efektif sebesar 38,8%, dan (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh otoritatif terhadap konformitas kelompok sebaya dengan nilai sig. sebesar 0,000 dan sumbangan efektif sebesar 14,6%. Kata kunci: pola asuh otoritatif, regulasi emosi, konformitas kelompok sebaya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 10 Jan 2020 07:46
Last Modified: 10 Jan 2020 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67079

Actions (login required)

View Item View Item