EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA N 1 PUNDONG

Amiruddin, Irkham (2020) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA N 1 PUNDONG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_IRKHAM AMIRUDDIN_15104241008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA N 1 Pundong yang diberi layanan menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning dan yang tanpa metode pembelajaran Quantum Learning 2) Mengetahui seberapa besar tingkat keefektifan metode pembelajaran Quantum Learning terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA N 1 Pundong. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berupa quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain non equivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen di SMA N 1 Pundong semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Pada penelitian ini masing-masing kelompok diberikan pretest sebelum mendapatkan treatment, kemudian kelas kontrol diberikan treatment berupa bimbingan menggunakan metode pembelajaran satu arah sedangkan kelompok eksperimen menggunkaan metode pembelajaran quantum learning, di akhir maisng-masing kelompok diberikan posttest. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data berupa angket motivasi belajar sehingga data yang dihasilkan berupa data angket motivasi belajar. Teknik analisis data penellitian ini menggunakan statistik non parametrik, uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon match pairs dan uji keefektifan menggunakan uji GLM dengan bantuan SPSS21.0 Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) Penerapan metode pembelajaran Quantum Learning efektif terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di SMA N 1 Pundong, berdasarkan uji wilcoxon match pairs dengan menggunakan data selisih dari nilai pretest dan posttest nilai p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,001, yang menunjukan nilai probabilitasnya dibawah 0,5 jadi artinya ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar siswa antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. (2) tingkat keefektifan metode pembelajaran Quantum Learning terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA N 1 Pundong sebesar 47,3%. Kata Kunci : Quantum Learning, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 10 Jan 2020 07:20
Last Modified: 10 Jan 2020 07:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67077

Actions (login required)

View Item View Item