EFEKTIVITAS MODIFIKASI PERILAKU TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEPEKAAN SOSIAL SISWA SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA

Desti Oktaviani Buti Ananda, Ikalevi (2020) EFEKTIVITAS MODIFIKASI PERILAKU TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEPEKAAN SOSIAL SISWA SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Ikalevi Desti Oktaviani Buti Ananda_15104244007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas modifikasi perilaku teknik positive reinforcement untuk meningkatkan kepekaan sosial siswa SMK Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen single subject design. Subjek penelitian dipilih melalui purposive sampling, dengan siswa kelas XI yang memenuhi kriteria sebanyak 5 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen skala kepekaan sosial dan observasi target behavior subjek penelitian. Skor validitas skala kepekaan sosial bergerak dari angka 0,446 sampai dengan 0,778. Nilai koefisien reliabilitas alpha (α) pada skala kepekaan sosial sebesar 0,888. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis statistik deskriptif, analisis visual berdasarkan grafik perilaku subjek penelitian dan uji N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modifikasi perilaku teknik positive reinforcement dapat meningkatkan kepekaan sosial siswa SMK Negeri 1 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari hasil rata-rata skor pretest dan posttest pada skala kepekaan sosial yang meningkat dari 57.4 kategori sedang menjadi 66.4 kategori tinggi. Hasil analisis visual berdasarkan grafik perilaku subjek penelitian menunjukkan bahwa modifikasi perilaku teknik positive reinforcement mempunyai pengaruh yang positif terhadap target behavior subjek penelitian dengan rata-rata persentase overlap 0% pada perbandingan tahap baseline I dan II. Pengujian yang dilakukan dengan uji N-Gain Score menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan N-Gain Score berada pada kategori sedang yang berarti bahwa kepekaan sosial mengalami peningkatan sedang setelah diberikan treatment modifikasi perilaku teknik positive reinforcement. Kata kunci: modifikasi perilaku, positive reinforcement, kepekaan sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 10 Jan 2020 07:04
Last Modified: 10 Jan 2020 07:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67076

Actions (login required)

View Item View Item