PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 PAKEM

Indah Putri, Asifa (2020) PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 PAKEM. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
skripsi full_asifa_indah_putri_peningkatan_kemandirian_belajar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar melalui layanan konseling kelompok teknik self management pada peserta didik SMP Negeri 3 Pakem. Penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 6 peserta didik SMP Negeri 3 Pakem dengan kemandirian belajar berada dalam kategori rendah. Hasil identifikasi masalah diambil menggunakan skala kemandirian belajar yang telah melalui uji validiatas berupa expert judgment dan validitas isi serta uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan koefisien 0,866. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konseling kelompok dengan teknik self-management dapat meningkatkan kemandirian belajar pada peserta didik di SMP Negeri 3 Pakem. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana pada masing masing siklus mengalami peningkatan skor. Skor rata – rata peningkatan pada siklus I sebesar 11,44% . Rata-rata peningkatan skor pada siklus II sebesar 20,57%. Hal tersebut menunjukan bawa pada masing masing siklus telah terjadi peningkatan skor. Tindakan pada penelitian ini dicukupkan hingga siklus II karena peserta didik sudah mampu mencapai skor kriteria keberhasilan tindakan yaitu senilai ≥ 88 dalam kategori tinggi dengan rata-rata peningkatan skor dari pre-test I menuju post-test siklus II sebesar 26,03%. Kata kunci: kemandirian belajar, konseling kelompok, self management

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:05
Last Modified: 10 Jan 2020 04:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67068

Actions (login required)

View Item View Item