EFEKTIVITAS PEER COUNSELING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SLEMAN

Nurul Hidayati, Isna (2020) EFEKTIVITAS PEER COUNSELING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Isna Nurul Hidayati_15104241026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas peer counseling terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sleman. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental dengan desain non equivalent control group design. Sampel penelitian ini berjumlah 28 siswa kelas VIII SMPN 4 Sleman terdiri dari siswa kelompok eksperimen yang menjadi konselor dan konseli sebaya serta siswa dari kelompok kontrol yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala motivasi belajar. Selanjutnya, uji validitas skala motivasi belajar menggunakan validitas konstrak dan uji reliabilitas menggunakan SPSS ver 16.0 dengan rumus Alpha Cronbach diperoleh koefisien skala motivasi belajar sebesar 0,831. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peer counseling efektif terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sleman. Hasil ini ditunjukkan ada perbedaan antara pretest dan posttest kelompok eksperimen dengan skor rata-rata sebelum dan sesudah pemberian treatment 90,20 menjadi 108,50. Berdasarkan uji wilcoxon dapat diketahui bahwa taraf signifikasi p = 0,005 < 0,05 hal ini menujukkan Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari treatment yang diberikan pada kelompok eksperimen yang dapat dikatakan bahwa peer counseling efektif terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sleman. Kata kunci: motivasi belajar, peer counseling, program konseling sebaya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:52
Last Modified: 10 Jan 2020 03:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67067

Actions (login required)

View Item View Item