Mutia, Tiara (2019) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN POLA KEMEJA LENGAN PANJANG DENGAN CAD UNTUK SISWA KELAS XI TATA BUSANA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
01 COVER-HALAMAN LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
03 BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
04 BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
05 BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (574kB) | Preview |
|
|
Text
06 BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
07 BAB V KESIMPULAN.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
09 LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian bertujuan: (1) mengembangkan media video pembuatan pola kemeja lengan panjang dengan CAD; (2) mengetahui kelayakan media video pembelajaran ditinjau dari aspek isi materi; (3) mengetahui kelayakan media video pembelajaran ditinjau dari aspek kebahasaan; (4) mengetahui kelayakan media video pembelajaran ditinjau dari aspek penyajian; (5) mengetahui kelayakan media video pembelajaran ditinjau dari pendapat siswa. Pengembangan media video pembelajaran dilakukan melalui penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) define (pendefinisian); (2) design (perancangan); (3) develop (pengembangan); (4) disseminate (penyebarluasan). Subjek penelitian adalah siswa Kelas XI Tata Busana SMKN 1 Depok Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian adalah observasi, wawancara, dan angket. Validitas instrumen dibuktikan dengan validitas isi menggunakan penilaian expert (expert judgment), reliabilitas instrumen dibuktikan dengan kesepakatan antar rater. Teknik analisis data menggunakan statistik diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah: (1) produk berupa media video pembelajaran materi pembuatan pola kemeja dengan CAD untuk siswa kelas XI SMK Tata Busana yang dikembangkan melalui metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model 4D; (2) kelayakan media video ditinjau dari aspek isi materi dengan skor 10 (100%) dinyatakan layak; (3) kelayakan media video ditinjau dari aspek kebahasaan dengan skor 3 (100%) dinyatakan layak; (4) kelayakan media video ditinjau dari aspek penyajian dengan skor 16 (100%) dinyatakan layak; (5) kelayakan media video ditinjau dari pendapat siswa dengan skor 18,7 (93,5%). Berdasarkan hal ini, maka media video pembelajaran dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video pembelajaran, pola kemeja, CAD, Tata Busana |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 08 Jan 2020 08:21 |
Last Modified: | 08 Jan 2020 08:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67061 |
Actions (login required)
View Item |