DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA SEBAGAI PREDIKTOR PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA REMAJA

Mufidha, Asifa (2020) DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA SEBAGAI PREDIKTOR PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA REMAJA. S1 thesis, Jurusan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
4. ASIFA MUFIDHA_15112141015.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dukungan sosial dari teman sebaya terhadap psychological well-being pada remaja. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta yang berjumlah 283 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 162 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dukungan sosial teman sebaya terhadap psychological well-being pada remaja dengan r = 0,651 p = 0,000. Variabel dukungan sosial teman sebaya berkontribusi sebanyak 42,4% terhadap psychological well-being pada remaja. Paling banyak siswa memiliki tingkat psychological well-being kategori sedang (174 < X ≤ 192) dengan jumlah siswa sebanyak 63 siswa (38,89%). Dukungan sosial teman sebaya yang paling banyak didapatkan siswa juga berada pada kategori sedang (44 < X ≤ 51) dengan jumlah siswa sebanyak 84 siswa (51,85%). Skor dimensi tertinggi adalah dimensi hubungan yang positif dengan orang lain sebesar 35,77%. Skor dimensi terendah adalah dimensi tujuan hidup sebesar 9,27%. Kata kunci: dukungan sosial teman sebaya, psychological well-being The purpose of this study is to learn about peer social support on psychological well-being in adolescents. This research is a correlational study with quantitative research. The population of this study are 283 students of SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta with 162 students as a sample which determined by simple random sampling technique. Data was collected by using skala and analyzed by descriptive analysis and linear regression analysis. The results showed that there were positive peer social support on psychological well-being in adolescents with r = 0.651 p = 0,000. Variables of peer social support contributed 42.4% to psychological well-being in adolescents. Moderate welfare category (174 < X ≤ 192) with 63 students (38.89%). Peer social support that was most obtained by students was also in the medium category (44 < X ≤ 51) with 84 students (51.85%). The highest dimension score is a positive relation with others of 35.77%. The lowest dimension score is a purpose in life of 9.9%. Keywords: peer social support, psychological well-being

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi
Depositing User: Jurusan Psikologi
Date Deposited: 03 Jan 2020 06:11
Last Modified: 17 Feb 2020 07:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67046

Actions (login required)

View Item View Item