HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF MELALUI ONLINE SHOP PADA MAHASISWI

Syi Vadila Sudarisman, Hergita (2020) HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF MELALUI ONLINE SHOP PADA MAHASISWI. S1 thesis, Jurusan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
6. Hergita Syi Vadila_15112141034.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemudahan dalam melakukan belanja secara online memberikan cara baru pada konsumen dalam membeli barang, sehingga hal ini dapat lebih mempermudah konsumen dalam melakukan transaksi dan cenderung berperilaku konsumtif. Sementara kontrol diri merupakan hal penting untuk mengendalikan perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif melalui online shop pada mahasiswi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2016 sebanyak 130 mahasiswi. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan dua skala yaitu skala perilaku konsumtif melalui online shop yang terdiri dari 26 item dengan reliabilitas sebesar 0,966 serta skala kontrol diri yang terdiri dari 15 item dengan reliabilitas sebesar 0,920. Hasil analisis data menggunakan Pearson Product Moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif melalui online shop pada mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2016, dengan nilai korelasi sebesar -0,861 dan signifikansi p < 0.05 yang artinya semakin rendah kontrol diri maka semakin tinggi perilaku konsumtif melalui online shop, begitu pula sebaliknya. Kata kunci : kontrol diri, perilaku konsumtif, online shop, mahasiswi The ease of online-shopping provided a new way for consumers to buy goods, which makes it easier for them to make transactions and increases the tendency to be consumptive. While self control is an important factor for controlling consumptive behavior. This study aims to determine the relationship between self-control and consumptive behavior through online-shopping for collage students. This study used a quantitative research approach. The subjects in this study were 130 female students of Yogyakarta State University class of 2016, with simple random sampling for the sampling method. This research instrument used two scales, which were the consumer behavior through online-shopping scale, a 26-items scale with a reliability of 0.966 and the self-control scale, a 15-items scale with reliability of 0.920. The results of data analysis using Pearson Product-Moment indicated there was a relationship between self-control and consumptive behavior through online-shopping in Yogyakarta State University students class of 2016 student, with a correlation value of -0.861 and a significance of p < 0.05 which meaning the lower the self-control, the higher the consumptive behavior through online-shopping for collage students, and the opposite. Keywords: self-control, consumptive behaviour, online-shopping

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Jurusan Psikologi
Date Deposited: 03 Jan 2020 06:25
Last Modified: 17 Feb 2020 07:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67044

Actions (login required)

View Item View Item