TINGKAT PENGETAHUAN GURU PENJAS TENTANG MATERI PEMBELAJARAN PERMAINAN SOFTBALL DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN

Priyadi, Shobur (2021) TINGKAT PENGETAHUAN GURU PENJAS TENTANG MATERI PEMBELAJARAN PERMAINAN SOFTBALL DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_shobur priyadi_17601244085.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan guru penjas tentang materi pembelajaran permainan softball di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman. Penelitian ini ialah penelitian jenis deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes berbentuk True False Test dengan jumlah pernyataan 25 butir. Responden dalam penelitian ini adalah guru penjas SMA Negeri yang mengikuti MGMP di Kabupaten Sleman sebanyak 36 guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes yang menggunakan skala Gutman dengan interval 0-1, dengan alertnativ jawaban “BENAR” dan “SALAH”. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini diketahui bahwa tingkat pengetahuan guru penjas tentang materi pembelajaran permainan softball di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman termasuk dalam kategori sangat tinggi sebesar 0% dengan jumlah 0 guru. Selanjutnya untuk kategori tinggi diperoleh hasil sebesar 31% dengan jumlah 11 guru. Pada kategori sedang diperoleh hasil sebesar 33% sebanyak 12 guru. Sedangkan untuk kategori rendah yaitu 22% dengan jumlah 8 guru dan kategori sangat rendah sebesar 14% dengan jumlah 5 guru.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Agus Susworo Dwi Marhaendro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: softball
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Jun 2021 07:12
Last Modified: 17 Jun 2021 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67027

Actions (login required)

View Item View Item