PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERENCANAAN INTERIOR GEDUNG KELAS XI DPIB DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Rizati, Silvia (2019) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERENCANAAN INTERIOR GEDUNG KELAS XI DPIB DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak (ind&ing).pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 2.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 3.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 5.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan media video pembelajaran yang bertujuan: (1) Membuat pengembangan media video pembelajaran untuk kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan dengan menggunakan media video pembelajaran, yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran; (2) Mengetahui kelayakan media video pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru dan siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Yogyakarta pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perencanaan Interior Gedung. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Resarch and Development) yang mengacu pada model pengembangan 4D (Four-D) oleh Thiagajaran, meliputi empat tahapan, yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perencana (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Yogyakarta yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket menggunakan skala Likert dengan empat pilihan jawaban. Angket tersebut digunakan dalam peroses validasi ahli materi, media, guru serta siswa. Data hasil angket dianalisis secara kuantitatif. Selanjutnya hasil analisis digunakan untuk revisi media video pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut: (1) telah dikembangkan media pembelajaran tutorial AutoCad dengan model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate); (2) kelayakan media video pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi mendapatkan skor 92 dengan kategori “sangat layak”, sedangkan penilaian oleh ahli media sebesar 85 dengan kategori “sangat layak”, sedangkan penilaian guru sebesar 86 dengan kategori “sangat layak” dan penilaian pengguna (siswa) sebesar 86 kategori “sangat layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media video pembelajaran, tutorial AutoCad, Resarch and Development
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Dec 2019 03:21
Last Modified: 27 Dec 2019 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67018

Actions (login required)

View Item View Item