TRAINING KIT PEMINDAH DAN SELEKTOR BARANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PLC DAN PNEUMATIK PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGENDALI ELEKTRONIK KELAS XII DI SMK NEGERI 3 WONOSARI

Hasan, Ismail (2019) TRAINING KIT PEMINDAH DAN SELEKTOR BARANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PLC DAN PNEUMATIK PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGENDALI ELEKTRONIK KELAS XII DI SMK NEGERI 3 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran praktikum pada Mata Pelajaran Sistem Pengendali Elektronik di SMK Negeri 3 Wonosari selama ini masih menggunakan training kit PLC sederhana. Pada penelitian ini dilakukan rancang bangun media pembelajaran training kit pemindah dan selektor barang berbasis PLC dan pneumatik, pengujian untuk unjuk kerja dan tingkat kelayakan training kit pemindah dan selektor barang sebagai media pembelajaran PLC dan pneumatik pada Mata Pelajaran Sistem Pengendali Elektronik kelas XII EI di SMK Negeri 3 Wonosari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan (Resesrch and Development). Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE. Produk penelitian yang diharapkan berupa hardware training kit dan jobsheet. Training kit terdiri dari : (1) pneumatik pemindah barang, (2) konveyor dan selektor, (3) sensor photodioda dan detektor logam, (4) rangkaian kontrol dan panel kontrol. Metode pengumpulan data dengan : (1) observasi dan (2) kuesioner. Pengujian dilakukan melalui tiga tahapan yaitu : (1) validasi oleh para ahli, (2) pengujian terbatas oleh guru, (3) pengujian oleh pengguna akhir (siswa). Teknik analisa data menggunakan cara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) rancang bangun training kit terdiri dari training dan jobsheet. Training terdiri dari pneumatik pemindah barang, konveyor dan selektor, rangkaian kontrol dan panel kontrol. Jobsheet terdiri dari empat kegiatan belajar, (2) Hasil dari pengujian yang dilakukan menunjukan unjuk kerja training kit sesuai dengan rancangan awal, (3) tingkat kelayakan training kit dari validasi isi sebesar 97,26% (sangat layak), hasil dari validasi konstruk sebesar 84,29% (layak) dan dari uji coba training kit sebagai media pembelajaran untuk siswa mendapatkan hasil sebesar 85,27% (sangat layak).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, training kit, PLC, pneumatik, selektor barang
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Dec 2019 02:43
Last Modified: 27 Dec 2019 02:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67015

Actions (login required)

View Item View Item