UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI MENGGUNAKAN METODE BERMAIN ESTAFET KARET PADA SISWA KELAS V SD NEGERI METAWANA KEC. PAGENTAN KAB.BANJARNEGARA

Mujahid, Ahmad Irvan (2019) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI MENGGUNAKAN METODE BERMAIN ESTAFET KARET PADA SISWA KELAS V SD NEGERI METAWANA KEC. PAGENTAN KAB.BANJARNEGARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui pendekatan modifikasi menggunakan metode bermain karet meningkatkan tingkat penguasaan belajar gerak dasar lari estafet dalam pembelajaran penjaskes. Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian tersebut digunakan metode class-room Action Research atau penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam permainan lari estafet. Subjek dalam penelitianini adala siswa kelas V SD Negeri Metawanayang berjumah 22 siswa. Tekhnik analisis data yang digunakan menggunakan metode obserfasi an instrumen dan pengamatan kolabrator. Setelah dilakukan penelitian didapatkan hasil tingkat penguasaan sebagai berikut: hasil nilai persentase guru yang didapat pada pra siklus sebesar 33,33%, sedangkan nilai persentase siswa sebesar 26,66%. Pada siklus 1 nilai persentase guru yang didapat sebesar 46,66%, sedangkan nilai persentase siswa sebesar 33,33%. Pada siklus 2 nilai persentase guru yang didapat sebesar 53,33%, sedangkan nilai persentase siswa sebesar 40,00%. Pada siklus 3 nilai persentase guru yang didapat sebesar 60,00%, sedangkan nilai persentase siswa sebesar 46,66%. Pada siklus 4 nilai persentase guru yang didapat sebesar 73,33%, sedangkan nilai persentase siswa sebesar 60,00%. Pada siklus 5 nilai persentase guru yang didapat sebesar 86,66%, sedangkan nilai persentase siswa sebesar 73,33%. Pada siklus 6 nilai persentase guru yang didapat sebesar 93,33%, sedangkan nilai persentase siswa sebesar 86,66%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Drs. Sriawan, M.Kes. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: modifikasi, pembelajaran, gerak dasar lari estafet
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Dec 2019 03:26
Last Modified: 26 Dec 2019 03:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67003

Actions (login required)

View Item View Item