Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis Real Object, Web dan Blended Learning Terhadap Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural dan Metakognitif Siswa Kelas X MIA Pada Materi Ekosistem.

Musaddad, ANwar and Suyanto, Slamet (2019) Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis Real Object, Web dan Blended Learning Terhadap Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural dan Metakognitif Siswa Kelas X MIA Pada Materi Ekosistem. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran biologi berbasis real object, web dan blended learning terhadap pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif peserta didik pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest comparison group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Bantul dan SMA Negeri 2 Bantul yang berjumlah 378 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 195 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling yang terdiri dari 31 peserta didik kelas X MIA 3 sebagai kelompok eksperimen 1, 31 peserta didik kelas X MIA 2 sebagai kelompok eksperimen 2 dan 31 peserta didik kelas X MIA 6 sebagai kelompok eksperimen 3 dari SMA Negeri 1 Bantul. Kelompok selanjutnya dari SMA Negeri 2 Bantul sebanyak 34 peserta didik kelas X MIA 4 sebagai kelompok eksperimen 1, 34 peserta didik kelas X MIA 5 sebagai kelompok eksperimen 2 dan 34 peserta didik kelas X MIA 6 sebagai kelompok eksperimen 3. Pengumpulan data penelitian menggunakan lembar penilaian kelayakan instrumen oleh seorang ahli materi serta seorang ahli model dan media, tes pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif, angket metakognitif peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji Multivariate Analysis of Varian dan Paired Sample t-test. Hasil penelitian membuktikan: (1) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran biologi berbasis real object, web dan blended learning terhadap pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif, (2) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran biologi berbasis real object, web dan blended learning terhadap pengetahuan faktual peserta didik, (3) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran biologi berbasis real object, web dan blended learning terhadap pengetahuan konseptual peserta didik, (4) tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran biologi berbasis real object, web dan blended learning terhadap pengetahuan prosedural peserta didik, (5) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran biologi berbasis real object, web dan blended learning terhadap pengetahuan metakognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Real Object, Web, Blended Learning, Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural, Metakognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Dec 2019 08:54
Last Modified: 02 Mar 2023 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66998

Actions (login required)

View Item View Item