Keefektifan Pengggunaan Model Problem Posing Disertai Resitasi terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Sikap Ilmiah pada Materi Ekosistem Kelas X SMA.

Lesmana, Agung and Aminatun, Tien (2019) Keefektifan Pengggunaan Model Problem Posing Disertai Resitasi terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Sikap Ilmiah pada Materi Ekosistem Kelas X SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan penggunaan model problem posing disertai resitasi terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas X SMA, (2) mengetahui keefektifan penggunaan model problem posing disertai resitasi terhadap sikap ilmiah peserta didik kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment yang menggunakan desain nonequivalent pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Bantul yang terdiri dari enam kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 68 peserta didik yang terbagi menjadi dua kelas. Kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik sebanyak 34 orang dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 34 orang. Sampel penelitian ditentukan berdasarkan teksnik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi soal tes pilihan ganda untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik dan angket untuk memperoleh data sikap ilmiah peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji independent t-test dan Mann- Whitney. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa: (1) penggunaan model problem posing disertai resitasi efektif terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas X SMA, (2) penggunaan model problem posing disertai resitasi efektif terhadap sikap ilmiah peserta didik kelas X SMA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Problem Posing, Resitasi, Pemahaman Konsep, Sikap Ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Dec 2019 04:12
Last Modified: 27 Feb 2023 08:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66994

Actions (login required)

View Item View Item