PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR OTOMOTIF UNTUK KELAS X TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMON

Fadholi, Muhammad (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR OTOMOTIF UNTUK KELAS X TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMON. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan tanggapan pengguna (peserta didik) media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran pekerjaan dasar otomotif kompetensi hand tools, power tools, special service tools, dan workshop equipment di SMK Muhammadiyah 1 Temon. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development)Xdengan metode pengembangan Borg & Gaal. Media pembelajaran pada mata pelajaran pekerjaan dasarxotomotifxberbasis android untuk kelas X TSM dikembangkan menggunakan software Android Studio dengan model pengembangan Borg & Gaal . Terdapat 10 langkah pada penelitian ini yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi massal. Teknik pengumpulan data pada penelitianXini menggunakan instrumen berupa angket sedangkan teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Penilaian kelayakan ahli materi menunjukkan skor 61 dan masuk pada kategori layak. Pada ahli media menunjukkan skor 75 dan masuk pada kategori layak. (2) Hasil tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran pada uji coba produk menunjukkan rata-rata skor 73,90 dan masuk kategori layak, dan hasil tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran pada uji coba pemakaian didapatkan hasil rata-rata skor yaitu 76,50 dengan kategori layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media, pekerjaan dasar otomotif, android
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 23 Dec 2019 02:44
Last Modified: 23 Dec 2019 02:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66992

Actions (login required)

View Item View Item