PERAN MODAL SOSIAL DALAM PERBAIKAN MUTU SEKOLAH DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS GUNUNGPRING

Huwaida, Deska (2019) PERAN MODAL SOSIAL DALAM PERBAIKAN MUTU SEKOLAH DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS GUNUNGPRING. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tas_Deska Irbakh Huwaida_15110241028_FSP_KP.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Masalah mutu pendidikan di Indonesia masih sangat komplek, perbaikan mutu sekolah masih menjadi suatu hal yang perlu di kaji sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Strategi yang dilakukan dalam perbaikan mutu sekolah; (2) Peran modal sosial dalam perbaikan mutu sekolah; (3) Faktor penghambat dan pendukung peran modal sosial dalam perbaikan mutu sekolah di SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Creswell yakni mengolah data, membaca keseluruhan data, meng-coding data, mendeskripsikan tema-tema, dan menginterpretasi data. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian: (1) Strategi yang dilakukan dalam perbaikan mutu sekolah dengan strategi komprehensif; (2) Modal sosial kepercayaan, nilai/norma, jaringan sosial, kerja sama dan partisipasi mendukung dalam perbaikan mutu sekolah; (3) Faktor penghambat: letak sekolah kurang strategis, pemenuhan sarana dan prasarana membutuhkan waktu tidak sebentar, perbedaan generasi para pendidik. Faktor pendukung: wali murid yang melakukan promosi, kesamaan tujuan, memiliki banyak relasi, dan adanya program-program unggulan dari sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modal Sosial, Mutu Sekolah.
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 26 Dec 2019 06:47
Last Modified: 26 Dec 2019 06:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66985

Actions (login required)

View Item View Item