Huwaida, Deska (2019) PERAN MODAL SOSIAL DALAM PERBAIKAN MUTU SEKOLAH DI SMP MUHAMMADIYAH PLUS GUNUNGPRING. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Tas_Deska Irbakh Huwaida_15110241028_FSP_KP.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Masalah mutu pendidikan di Indonesia masih sangat komplek, perbaikan mutu sekolah masih menjadi suatu hal yang perlu di kaji sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Strategi yang dilakukan dalam perbaikan mutu sekolah; (2) Peran modal sosial dalam perbaikan mutu sekolah; (3) Faktor penghambat dan pendukung peran modal sosial dalam perbaikan mutu sekolah di SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Creswell yakni mengolah data, membaca keseluruhan data, meng-coding data, mendeskripsikan tema-tema, dan menginterpretasi data. Keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian: (1) Strategi yang dilakukan dalam perbaikan mutu sekolah dengan strategi komprehensif; (2) Modal sosial kepercayaan, nilai/norma, jaringan sosial, kerja sama dan partisipasi mendukung dalam perbaikan mutu sekolah; (3) Faktor penghambat: letak sekolah kurang strategis, pemenuhan sarana dan prasarana membutuhkan waktu tidak sebentar, perbedaan generasi para pendidik. Faktor pendukung: wali murid yang melakukan promosi, kesamaan tujuan, memiliki banyak relasi, dan adanya program-program unggulan dari sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modal Sosial, Mutu Sekolah. |
Subjects: | Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan |
Depositing User: | Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 06:47 |
Last Modified: | 26 Dec 2019 06:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66985 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |