TANGGAPAN GURU PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN, TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SD/MI SE-KECAMATAN WANAYASA KABUPATEN BANJARNEGARA

Anggana, Dani (2019) TANGGAPAN GURU PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN, TERHADAP PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SD/MI SE-KECAMATAN WANAYASA KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
1. Skripsi Dani A 17604227002 Tanggapan Guru.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penerapan kurikulum 2013 pada pembelajaran PJOK belum terlaksana dengan baik mulai dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi, terutama dalam proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan guru PJOK terhadap pembelajaran dengan pendekatan saintifik di SD/MI se-Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode survei, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PJOK yang mengajar SD/MI di Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan Total Sampling sebanyak guru 45 guru SD dan MI di Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara yang sudah menerapkan kurikulum 2013 dalam pembelajarannya. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi dengan persentase yang dikategorikan menjadi 4 kategori yaitu baik, cukup baik, kurang baik, dan tidak baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanggapan guru PJOK terhadap pembelajaran dengan pendekatan di SD/MI se-Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara sebagian besar menunjukkan rata-rata cukup baik. Secara rinci menunjukkan sebanyak 35,56% guru PJOK memiliki tanggapan baik, 64,44% guru PJOK memiliki tanggapan cukup baik, 0% guru PJOK memiliki tanggapan kurang baik, 0% guru PJOK memiliki tanggapan tidak baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Ahmad Rithaudin, M.Or. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran pendekatan saintifik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Dec 2019 04:55
Last Modified: 17 Dec 2019 04:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66941

Actions (login required)

View Item View Item