UPAYA MENINGKATKAN MINAT DALAM PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLAVOLI MENGGUNAKAN BOLA PLASTIK SPON PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PASURENAN BATUR BANJARNEGARA TAHUN 2019

Sugeng, Sugeng (2019) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DALAM PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLAVOLI MENGGUNAKAN BOLA PLASTIK SPON PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PASURENAN BATUR BANJARNEGARA TAHUN 2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
PTK SUGENG OKY.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat siswa dalam melakukan pasing bawah dalam permainan bolavoli kelas V di SD Negeri 1 Pasurenan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara melalui bola plastik spon. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode penelitian menggunakan survei. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Pasurenn kecamatan Batur sejumlah 28 siswa. Instrumen penelitian, yaitu lembar pengamatan partisipasi siswa dan lembar penilaian unjuk kerja sikap siswa. Data kuantitatif diperoleh dari penilaian keaktifan dan sikap siswa dalam pembelajaran kemampuan passing bawah dengan pendekatan modifikasi permainan bolavoli plastik spon. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Data kualitatif diperoleh dari hasil refleksi antara peneliti dan kolaborator. Data kuantitatif diperoleh dari penilaian kolaborator terhadap partisipasi siswa dan sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peningkatan partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli plastik spon adanya peningkatan perlakuan dalam kegiatan proses pembelajaran di satu siklus dua pertemuan. Peningkatan partisipasi siswa sebesar 84,12 % telah sesuai indikator keberhasilan, yaitu minimal sebanyak 75% dari total siswa dalam satu kelas berkategori “Tinggi”, (2) Sikap/ respon siswa yang meningkat dalam tindakan di satu siklus. Peningkatan sikap siswa dengan nilai sebesar 90 telah sesuai indikator keberhasilan, yaitu penilaian sikap keseluruhan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran adalah memperoleh NA (Nilai Akhir) > 75.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Tri Ani Hastuti, M.Pd. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: minat, passing bawah, bola plastik spon
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Dec 2019 03:55
Last Modified: 17 Dec 2019 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66933

Actions (login required)

View Item View Item