KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA KELAS II DAN III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 WANARAJA KECAMATAN WANAYASA KABUPATEN BANJARNEGARA

Andrianto, Aan (2019) KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA KELAS II DAN III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 WANARAJA KECAMATAN WANAYASA KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Aan Andrianto.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya data mengenai kemampuan motorik kasar siswa kelas II dan III Sekolah Dasar Negeri 1 Wanaraja Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan motorik kasar siswa kelas II dan III Sekolah Dasar Negeri 1 Wanaraja Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan instrumen berupa tes pengukuran yang terdiri dari tes lari jarak pendek 40 meter, lari zig-zag, lompat jauh tanpa awalan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas II dan III Sekolah Dasar Negeri 1 Wanaraja Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara yang berjumlah 56 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan motorik siswa Kelas II dan III Sekolah Dasar Negeri 1 Wanaraja Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara terdapat 4 siswa (7,1%) dalam kategori sangat tinggi, 14 siswa (25,0%) dalam kategori tinggi, 18 siswa (32,1%) dalam kategori sedang, 19 siswa (33,9%) dalam kategori rendah, dan 1 siswa (1,9%) dalam kategori sangat rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: motorik kasar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Dec 2019 03:32
Last Modified: 17 Dec 2019 03:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66930

Actions (login required)

View Item View Item