UPAYA MENINGKATKAN PEMBEAJARAN SEPAKBOLA MENGGUNAKAN PERMAINAN SEPAKBOLA MINI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 LEMAHJAYA KECAMATAN WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Andriyani, Siti (2019) UPAYA MENINGKATKAN PEMBEAJARAN SEPAKBOLA MENGGUNAKAN PERMAINAN SEPAKBOLA MINI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 LEMAHJAYA KECAMATAN WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SITI ANDRIYANI_17604227004.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini karena masih banyak siswa yang kurang aktif bergerak dikarenakan merasa bosan dengan gerakan yang sama dan hanya diulang-ulang, hal ini perlu adanya pengembangan model pembelajaran penjasorkes dengan model pembelajaran, strategi pembelajaran, dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik siswa, sehingga menghasilkan Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM). Guru pendidikan jasmani benar-benar diharapkan untuk dapat memberikan suasana baru terhadap pembelajaran yang selama ini dianggap membosankan. Sehingga siswa lebih tertarik untuk melakukan aktivitas pendidikan jasmani sehingga hasil pembelajaran dapat sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus pembelajaran dengan populasi siswa kelas V SD Negeri 2 Lemahjaya dalam pembelajaran sepakbola dengan menggunakan permainan sepakbola mini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa pembelajaran sepakbola mini pada siklus I dan siklus II prosentase mengalami peningkatan dari 73, 9 % menjadi 86,4 %. Begitu juga dengan prosentase ketuntasan pada siklus I hanya mencapai 57,14 % dari jumlah siswa yang ada. Dan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 92,85 %.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dr. Komarudin, M.A. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: sepakbola mini, pembelajaran
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Dec 2019 03:13
Last Modified: 17 Dec 2019 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66929

Actions (login required)

View Item View Item