UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT 40 METER MELALUI METODE BERMAIN SENTUH KEJAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PAGENTAN KECAMATAN PAGENTAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Darmo, Setyo (2019) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT 40 METER MELALUI METODE BERMAIN SENTUH KEJAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PAGENTAN KECAMATAN PAGENTAN KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan metode bermain dapat meningkatkan pembelajaran dan hasil belajar lari sprint 40 meter pada siswa kelas V SD Negeri 1 Pagentan Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara. Permasalahan yang muncul, dikarenakan kemampuan lari sprint 40 meter rendah sehingga hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Pagentan belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penilaian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Pagentan Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara yang berjumlah 20 siswa yaitu 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Untuk metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar pengamatan yang dilakukan oleh kolaborator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui metode bermain sentuh kejar dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint 40 meter pada siswa kelas V SD Negeri 1 Pagentan Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara. Berdasarkan hasil observasi, terlihat adanya peningkatan, hasil evaluasi pada siklus 1 sebesar 95,0% siswa yang mendapatkan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal dan pada siklus 2 meningkat 100,0% siswa yang nilainya di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dra. Sri Mawarti, M.Pd. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: lari sprint 40 meter, sentuh kejar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Dec 2019 03:07
Last Modified: 17 Dec 2019 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66928

Actions (login required)

View Item View Item