PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT MODIFIKASI BOLA GANTUNG BAGI SISWA KELAS IV SDN JLEGONG KECAMATAN KARANGKOBAR KABUPATEN BANJARNEGARA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Akhmad, Akhmad (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT MODIFIKASI BOLA GANTUNG BAGI SISWA KELAS IV SDN JLEGONG KECAMATAN KARANGKOBAR KABUPATEN BANJARNEGARA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
PTK AKHMAD.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya peningkatan keterampilan passing bawah dalam permainan bola voli dengan menggunakan alat modifikasi bola gantung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jlegong sebanyak 19 orang (11 siswa laki-laki dan 8 siswi perempuan). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes keterampilan passing bawah, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui upaya alat modifikasi bola gantung dapat meningkatkan keterampilan passing bawah permainan bola voli. Nilai rata-rata siklus I sebesar 83,7. Presentase ketuntasan siklus I meningkat hingga kategori tuntas sebanyak 89,5%. Perolehan skor rata-rata partisipasi siswa pada siklus I sebesar 75,1. Skor ratarata sikap siswa pada siklus I sebesar 76,3. Nilai rata-rata dan presentase ketuntasan penelitian ini telah sesuai dengan kriteria keberhasilan tindakan yakni sebesar ≥75 atau 85% dari jumlah siswa yang hadir sudah melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Nur Rohmah Muktiani, M.Pd. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: keterampilan passing bawah, modifikasi pembelajaran, bola gantung, bola voli
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 16 Dec 2019 07:45
Last Modified: 16 Dec 2019 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66912

Actions (login required)

View Item View Item