UPAYA MENINGKATKAN MINAT DALAM PEMBELAJARAN TOLAK PELURU MELALUI MODIFIKASI PELURU SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BANTAR TAHUN 2019/2020

Sumarsono, Toto (2019) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DALAM PEMBELAJARAN TOLAK PELURU MELALUI MODIFIKASI PELURU SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BANTAR TAHUN 2019/2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Toto Sumarsono 17604227028.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Minat siswa merupakan hal yang penting dalam pembelajaran terutama di lingkungan sekolah dasar di pedesaan yang masih terbatasnya media dan alat-alat peraga olahraga, dari hasil pernyataan siswa yang dilakukan di SD Negeri 1 Bantar didapat masih banyaknya siswa yang kurang minat bersemangat dalam olahraga atletik. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk meningkatkan minat siswa dalam melakukan pembelajaran tolak peluru pada kelas V di SD Negeri 1 Bantar Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara melalui modifikasi peluru. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Bantar Kecamatan Wanayasa sejumlah 20 siswa. Instrumen penelitian yaitu : Data kuantitatif diperoleh dari penilaian keaktifan dan sikap siswa dalam pembelajaran kemampuan tolak peluru dengan pendekatan modifikasi peluru. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Data kualitatif diperoleh dari hasil refleksi antara peneliti dan kolaborator. Data kuantitatif diperoleh dari penilaian kolaborator terhadap partisipasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Adanya peningkatan partisipasi dan minat siswa dalam mingikuti kegiatan pembelajaran tolak peluru dengan modifikasi peluru yang dilaksanakan dalam 1 siklus 2 kali pertemuan. Peningkatan partisipasi siswa sebesar 85% telah sesuai indikator keberhasilan “Tinggi” dengan asumsi siswa memperoleh NA (Nilai Akhir) ≥ 75. (2) Sikap respon siswa yang meningkat dalam tindakan di I siklus 2 kali pertemuan. Peningkatan sikap siswa dengan nilai sebesar 75 telah sesuai indikator keberhasilan, yaitu penilaian sikap keseluruhan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran adalah memperoleh skor ≥ 9 – 12 “ Tinggi”.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Tri Ani Hastuti, M.Pd. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: minat, tolak peluru, modifikasi peluru
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 16 Dec 2019 07:19
Last Modified: 16 Dec 2019 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66911

Actions (login required)

View Item View Item