Resepsi Siswa Kelas VIII SMP di Kota Magelang terhadap Dongeng “Burung-burung Memilih Raja” (Diceritakan Kembali oleh Nukila Amal).

Rejeki, Wicahyanti and Sayuti, Suminto A (2019) Resepsi Siswa Kelas VIII SMP di Kota Magelang terhadap Dongeng “Burung-burung Memilih Raja” (Diceritakan Kembali oleh Nukila Amal). S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan resepsi siswa kelas VIII SMP di Kota Magelang terhadap elemen-elemen pembangun fiksi dongeng “Burung-burung Memilih Raja” dan faktor-faktor yang mempengaruhi tanggapan siswa terhadap dongeng “Burung- burung Memilih Raja”. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi model concurrent embed. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII dalam satu rombongan belajar di empat sekolah di Magelang. Sumber data yaitu dongeng “Burung-burung Memilih Raja” yang diceritakan kembali oleh Nukila Amal, hasil tanggapan terhadap dongeng tersebut, dan faktor-faktor yang mempengaruhi tanggapan. Data penelitian diperoleh melalui angket. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dongeng “Burung-burung Memilih Raja” mendapat tanggapan yang positif dari pembaca. Hal tersebut diketahui melalui tanggapan yang positif terhadap plot dengan awal cerita yang membuat pembaca ingin mengetahui kelanjutannya, bagian yang mengejutkan dalam rangkaian cerita, dan akhir cerita yang tidak mudah ditebak. Karakter tokoh dideskripsikan dengan jelas, mirip dengan kehidupan manusia, dan mampu menginspirasi pembaca untuk melakukan perbuatan terpuji. Tokoh Cala Ibi dianggap sebagai tokoh inspiratif karena memiliki karakter yang pantang menyerah, cerdik, dan rendah hati. Tokoh Goroko dianggap sebagai tokoh tidak inspiratif karena pelalai. Latar waktu, tempat, dan suasana dideskripsikan dengan jelas sehingga membantu memahami cerita. Judul memiliki keterkaitan dengan isi. Penggunaan sudut pandang orang ketiga memudahkan memahami cerita. Gaya membantu memahami cerita dan mengembangkan daya imajinasi. Tema perjuangan sebagai tema dongeng dijumpai dalam kehidupan dan mampu mengungkapkan kebenaran gagasan, sikap, dan pandangan hidup pengarang. Faktor-faktor yang mempengaruhi tanggapan siswa terhadap dongeng “Burung- burung Memilih Raja” yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri atas pengalaman membaca sastra, pengalaman mendengar atau menonton dongeng, ketertarikan terhadap sastra, dan ketertarikan terhadap dongeng “Burung-burung Memilih Raja”. Faktor eksternal terdiri atas motivasi dari guru dan orang tua untuk membaca sastra, pengaruh teman-teman yang terbiasa membaca sastra, fasilitas bacaan yang tersedia, serta pengaruh televisi dan media sosial.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: resepsi, siswa SMP, dongeng, faktor
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Dec 2019 03:44
Last Modified: 16 Dec 2019 03:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66904

Actions (login required)

View Item View Item