Peningkatan Keterampilan Membaca dan Menulis Teks Cerpen melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Peserta Didik Kelas IXF SMP Negeri 1 Ngluwar Kabupaten Magelang.

Susana, Tri and Efendi, Anwar (2019) Peningkatan Keterampilan Membaca dan Menulis Teks Cerpen melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Peserta Didik Kelas IXF SMP Negeri 1 Ngluwar Kabupaten Magelang. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keterampilan membaca teks cerpen melalui model pembelajaran berbasis proyek pada peserta didik kelas IXF SMP Negeri 1 Ngluwar, dan (2) meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen melalui model pembelajaran berbasis proyek pada peserta didik kelas IXF SMP Negeri 1 Ngluwar. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Desain penelitian terdiri dari empat tahap, yaitu: (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) observasi, dan (d) refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IXF SMP Negeri 1 Ngluwar yang berjumlah 28. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar pedoman penilaian, tes hasil belajar, dokumentasi kegiatan, dan catatan lapangan. Teknik analisis data mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan hasil analisis tindakan berupa skor dan nilai secara kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, keterampilan membaca dan menulis teks cerpen mengalami peningkatan, baik peningkatan proses maupun hasil. Peningkatan proses ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan peserta didik, kerja sama, dan tumbuhnya rasa percaya diri. Peningkatan hasil tampak pada materi membaca teks cerpen, kondisi awal yang tuntas 21,4%,siklus I meningkat menjadi 67,8%, dan pada siklus II meningkat hingga 96,4%. Materi menulis teks cerpen terjadi peningkatan ketuntasan belajar dari kondisi awal 17,9% meningkat pada siklus I menjadi 46,4% dan pada siklus II menjadi 92,9%. Terbukti bahwa Model Pembelajaran Berbasis Proyek mampu meningkatkan keterampilan membaca dan menulis teks cerpen.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Membaca, Menulis
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Dec 2019 03:14
Last Modified: 16 Dec 2019 03:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66903

Actions (login required)

View Item View Item