Yuliyanti, Rina and Syamsi, Kastam (2019) Pengembangan Buku Ajar Menulis Bedasarkan Pendekatan Konstruktivisme untuk Siswa SMA/SMK Kelas X. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (909kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar menulis berdasarkan pendekatan konstruktvisme untuk siswa SMA/SMK kelas X dan mengetahui kelayakan produk buku ajar menulis berdasarkan pendekatan konstruktivisme yang dilihat dari hasil validasi oleh ahli, guru, dan siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan langkah pengembangan Brog & Gall (1983) yang meliputi: analisis kebutuhan, perencanaan produk, pengembangan produk, validasi ahli dan guru, uji coba respon siswa, merevisi hasil uji coba, dan menyempurnakan produk akhir. Analisis kebutuhan telah dilakukan di lima sekolah yang berbeda, yaitu SMK Negeri 1 Depok, SMA Negeri 1 Depok, SMA Negeri 1 Pakem, dan SMK Negeri 1 Cangkringan. Instrumen pengumpuan data terdiri atas lembar validasi untuk ahli dan guru Bahasa Indonesia serta lembar respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif menggunakan rating scale dengan skor berskala 1–5. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku ajar menulis berdasarkan pendekatan konstruktivisme yang dikembangkan layak digunakan dengan kualitas “sangat baik”. Buku ajar menulis berdasarkan pendekatan konstruktivisme untuk siswa SMA/SMK kelas X ini menggunakan Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Buku yang dikembangkan ini terdiri dari empat materi pokok yaitu menulis teks laporan hasil observasi, menulis teks eksposisi, menulis teks anekdot, dan menulis teks cerita rakyat (hikayat). Hasil validasi ahli, guru, dan respon siswa menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan menunjukkan termasuk dalam kategori “sangat baik” dari aspek kelayakan isi, kelayaan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafikan dengan nilai rerata yaitu 4,3. Dari validasi ahli materi diperoleh rerata 4,14 dari hasil validasi ahli kegrafikan 4,78 dari hasil validasi guru, 3,92 dan 4,36 dari hasil respon siswa terhadap produk. Berdasarkan hasil tersebut, produk yang dikembangkan layak digunakan sebagai salah satu alternatif buku teks untuk pembelajaran menulis.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | buku ajar, menulis, pendekatan konstruktivisme |
| Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 16 Dec 2019 01:32 |
| Last Modified: | 16 Dec 2019 01:32 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66895 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
