PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) OLEH GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN (PJOK) SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BANTUL

Ramadhan, Felik Sulung Surya (2019) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) OLEH GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN (PJOK) SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
FIXX PERSETUJUAN BAPAK SONI, SARYONO, IBU NUR.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu tujuan strategis dalam penyediaan tenaga kependidikan berkompeten yang merata. Tenaga pendidik yang berkompeten dalam pemanfaataan media berbasis Information and Communication Technology (ICT) diperlukan untuk mengembangkan kompetensi personal, pedagogis, sosial dan profesional sesuai dengan permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kompetensi Guru. Hal ini menjadi landasan pencapaian generasi emas 2045 dan peserta didik yang cerdas, kreatif dan inovatif menjadi human capital dalam pembangunan sosial dan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat penggunaan media berbasis ICT oleh guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Sekolah Dasar di Kecamatan Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengumpulan data berupa angket, subjek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Sekolah Dasar di Kecamatan Bantul dengan jumlah responden sebanyak 43 guru. Teknik analisis yang digunakan adalah menuangkan frekuensi ke dalam bentuk persentase. Hasil penelitian penggunaan media berbasis ICT oleh guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Sekolah Dasar di Kecamatan Bantul dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan dari hal itu, maka dapat disimpulkan bahwa ada beberapa guru yang telah menggunakan media pembelajaran berbasis ICT tetapi masih terdapat beberapa guru yang belum memaksimalkan penggunaan media pembelajaran berbasis ICT Sekolah Dasar di Kecamatan Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Nur Rohmah Muktiani, M.Pd. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, ICT, PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 16 Dec 2019 01:39
Last Modified: 16 Dec 2019 01:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66894

Actions (login required)

View Item View Item