Keefektifan Strategi Double Entry Journals dan Strategi Writing Workshop dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi pada Siswa Kelas VII SMP di Kabupaten Pemalang.

Probogati, Raden Ahyar and Syamsi, Kastam (2019) Keefektifan Strategi Double Entry Journals dan Strategi Writing Workshop dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi pada Siswa Kelas VII SMP di Kabupaten Pemalang. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (982kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan tingkat keefektifan antara Strategi pembelajaran Double Entry Journals, strategi pembelajaran Writing Workshhop dan strategi pembelajaran konvensional dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP di Kabupaten Pemalang. (2) Strategi yang paling efektif dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP di Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Pemalang. Berdasarkan teknik cluster random sampling ditetapkan Kelas VII E SMP Negeri 02 Pulosari sebagai kelompok eksperimen 1, Kelas VII A SMP Negeri 01 Moga sebagai kelompok eksperimen 2, dan Kelas VII A SMP Negeri 02 Belik sebagai kelompok Kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes , dianalisis menggunakan uji anava dan dilanjutkan uji Scheffe. Pengujian dilakukan dengan bantuan perhitungan komputer program SPSS 21.0. Hasil analisis varian data pretes dan postes kelompok eksperimen 1 dengan kelompok kontrol diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000(p < 0,05), kelompok eksperimen 2 dengan kelompok kontrol diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,011(p < 0,05), dan kelompok eksperimen 1 dengan kelompok eksperimen 2 diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,013(p < 0,05). Simpulan penelitian ini berdasarkan hasil analisis tersebut adalah (1) ada perbedaan tingkat keefektifan antara Strategi pembelajaran Double Entry Journals, strategi pembelajaran Writing Workshhop dan strategi pembelajaran konvensional dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP di Kabupaten Pemalang; (2) Strategi double entry journals paling efektif dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP di Kabupaten Pemalang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Double Entry Journals, keefektifan, strategi, writing workshop
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Dec 2019 01:27
Last Modified: 16 Dec 2019 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66893

Actions (login required)

View Item View Item